Categories
alat melukis bahan melukis lukisan melukis mengambar sejarah seni teknik melukis Umum

Cara Melukis Dengan Akrilik: Panduan Lengkap

Cat akrilik adalah media serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari seni rupa hingga dekorasi rumah. Dalam panduan lengkap ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang cara melukis dengan akrilik, termasuk berbagai jenis cat akrilik, persediaan yang Anda perlukan, dan petunjuk langkah demi langkah untuk membuat karya agung Anda sendiri.

Selamat datang di bagian blog Cara Melukis Dengan Akrilik: Panduan Lengkap. link gacorbet88 Di sini, kita akan membahas semua hal yang berhubungan dengan melukis dengan akrilik. Dari tips dan trik pemula, hingga teknik yang lebih canggih, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang melukis dengan media serbaguna ini.

 

Jadi, apakah Anda seorang pemula yang baru memulai, atau seniman berpengalaman yang ingin memoles keterampilan Anda, ini adalah tempat untuk Anda. Mari kita mulai!

Ada banyak cara untuk melukis dengan akrilik, tetapi yang paling penting untuk diingat adalah mereka cepat kering. Ini bisa menjadi keuntungan atau kerugian, tergantung pada proyek Anda. Jika Anda mencari cara cepat untuk membuat lukisan, maka akrilik adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda ingin meluangkan waktu dan membangun lapisan warna, Anda mungkin ingin mempertimbangkan jenis cat lain.

Salah satu hal hebat tentang akrilik adalah mereka dapat digunakan di hampir semua permukaan. Baik Anda melukis di atas kanvas, kayu, atau kertas, akrilik akan menempel dengan baik dan memberikan hasil akhir yang halus. Plus, mereka mudah dibersihkan jika Anda melakukan kesalahan. Cukup gunakan sabun dan air untuk menghilangkan cat basah dari kuas Anda sebelum mengering.

Dalam hal pencampuran warna, akrilik berperilaku berbeda dari jenis cat lainnya. Karena mereka cepat kering, Anda harus bekerja agak cepat saat mencampur warna. Jika tidak, warnanya akan mulai mengering dan menjadi sulit untuk dikerjakan. Hal lain yang perlu diingat adalah warna terang akan terlihat lebih transparan jika dipadukan dengan warna lain. Jadi jika Anda menginginkan warna pink muda, tambahkan lebih banyak warna putih.

Teknik melukis menggunakan akrilik

Brush, Paint, Color, Watercolor, Art

1.Drybrushing

Teknik melukis akrilik yang paling mudah adalah sikat kering. Teknik ini terdiri dari menerapkan warna langsung ke kanvas, memberi Anda blok warna solid untuk dikerjakan dengan kuas. Teknik ini sangat bagus untuk membingkai lukisan atau menambahkan elemen yang lebih besar ke pekerjaan Anda.

2. Splattering

Splattering adalah teknik akustik menyenangkan yang menggunakan kuas untuk memerciki cat ke kanvas untuk menciptakan efek cipratan. link gameslot37 Teknik ini membutuhkan sikat basah dan handuk kertas di dekatnya karena bisa berantakan. Ini bagus untuk menjadi kreatif dan membuat lukisan abstrak.

3. Detailing

Menggunakan sikat bulu halus untuk menggambar detail adalah teknik yang memungkinkan Anda membuat detail yang lebih halus dalam lukisan Anda. Sangat berguna untuk wajah dan detail lain yang ingin Anda tambahkan ke karya seni Anda.

4. Glazing

Glazing adalah teknik yang bagus untuk menambahkan cahaya dan kilau pada lukisan Anda. Ini membantu karya seni Anda menonjol dari yang lain sambil menambahkan elemen estetika yang menarik.

5. Layering

Layering adalah proses menambahkan lapisan ke lukisan untuk menciptakan rasa kedalaman. Setelah cat mengering (tidak butuh waktu lama dengan cat akrilik), Anda bisa mengoleskan lebih banyak topcoat untuk mendapatkan efek yang diinginkan.

6. Blocking

Teknik ini membutuhkan sedikit kerja, jadi sangat bagus untuk pemula. Kemudian, saat Anda menelusuri gambar, pilih warna atau pola yang berbeda untuk setiap bagian gambar untuk membuat gambar yang menarik. Ini menyenangkan untuk melukis lukisan surealis atau membuat sesuatu yang terlihat realistis tanpa perlu terlalu banyak pengalaman melukis akrilik.

7. Mixing

Ada banyak ruang untuk mencampur cat akrilik. Selain metode pencampuran tradisional untuk menciptakan warna baru, seperti mencampur kuning dan merah untuk membuat oranye, Anda juga bisa berkreasi dengan nuansa berbeda dengan warna yang sama. Misalnya, Anda dapat mencampur biru muda dengan biru tua untuk mendapatkan warna yang menarik di antaranya tanpa mengeluarkan uang ekstra untuk warna cat tertentu.

8. Dabbing

Teknik menyenangkan lainnya seperti percikan, sulih suara, dll. adalah teknik yang melibatkan mengetuk bagian atas kuas dengan hati-hati sambil menahannya di atas kanvas. Ini memberikan beberapa hasil dan pola titik yang menarik.

9. Stippling

Pointillism adalah teknik melukis dalam rangkaian titik-titik kecil di atas kanvas untuk menciptakan efek visual yang menarik. mencuci
Terakhir, mencuci adalah teknik dalam lukisan akrilik yang menghasilkan efek yang mirip dengan lukisan cat air. Menyikat kering menyenangkan untuk bereksperimen karena dapat menghasilkan produk akhir yang bagus.

Cara melukis menggunakan cat akrilik

Art, Brushes, Colorful, Paint

1. Siapkan peralatan yang tepat

  • Pilih cat akrilik : Ada puluhan merek cat akrilik dalam tabung dan toples. Membeli cat akrilik adalah sesuatu yang sering atau jarang Anda lakukan, jadi belanjakan sedikit lebih banyak dan pilih merek yang lebih mahal. link lantai6 Oleh karena itu, dibutuhkan 2-3 lapis untuk mendapatkan warna cerah dari cat mahal sekaligus.
  • Pilih beberapa kuas : Ada banyak jenis kuas, dibagi menjadi dua kategori berdasarkan bentuk ujung kuas dan bahan bulunya. Ada tiga jenis ujung kuas datar, bulat, datar. Banyak bahan yang digunakan untuk bulu sikat, tetapi yang paling umum adalah bulu sintetis dan bulu babi hutan. Kebanyakan pelukis pemula memilih sikat bulu sintetis dengan berbagai jenis bentuk ujung.
  • Anda membutuhkan tempat untuk mencampur cat yang membeli palet dan menyimpan cat di antara cat. Jika Anda ingin menghemat uang, Anda dapat menggunakan piring plastik atau kertas sebagai palet. Apa pun yang lebar, rata, dan memiliki permukaan yang bersih dapat digunakan sebagai palet. Namun, cat akrilik cepat kering, jadi lebih baik membeli palet Stay Wet. Palet ini adalah kombinasi dari spons basah dan kertas basah yang membuat cat tetap basah dan dapat digunakan selama berminggu-minggu.
  • Tentukan bahan lukisan : Cat akrilik tebal dan berat dan hanya dapat digunakan pada jenis permukaan tertentu. Media yang paling umum digunakan untuk lukisan akrilik adalah kanvas, kertas konstruksi, atau kayu. Cat dengan baik pada permukaan yang tidak licin, berminyak atau keropos.
  • Kumpulkan persediaan kecil lainnya. Setelah Anda memiliki bahan dan alat utama, Anda memerlukan beberapa hal yang biasanya Anda miliki di rumah. Anda membutuhkan 1-2 gelas/mangkuk untuk air, spatula, lap atau lap bekas, botol semprot untuk menambahkan air, dan sabun untuk membersihkan kuas. Semua ini tersedia di toko perlengkapan seni, tetapi tidak dimaksudkan untuk melukis.

2. Memulai

  • Temukan lokasi yang cocok. Seperti banyak hal, melukis paling baik dilakukan dalam cahaya alami. Siapkan area lukisan Anda di dekat jendela atau ruangan yang terbuka dengan banyak cahaya alami. Anda dapat menemukan nuansa halus dalam sapuan kuas dan warna yang tidak terlihat dalam cahaya selain cahaya alami.
  • Siapkan alat dan bahan. Setiap seniman memiliki cara mereka sendiri untuk mengatur alat mereka. Saya sarankan untuk mengaturnya sesuai keinginan Anda sebelum Anda mulai melukis. Isi toples dengan air, lepaskan kuas dan cat yang ingin Anda gunakan, dan letakkan palet Anda di lokasi yang paling ideal. Anda juga bisa mengenakan pelapis dan pakaian lama sebelum Anda mulai.
  • Tentukan subjek lukisan. Sebagai pelukis pemula, Anda mungkin sudah memiliki gambaran tentang apa yang ingin Anda lukis atau sedang mencari petunjuk. Pikirkan subjek atau model untuk lukisan pertama Anda. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan objek 3D atau foto daripada menggambar sesuatu di kepala Anda.
  • Buat sketsa kasar. Jika Anda memiliki kepercayaan diri untuk menggambar apa yang Anda lihat, Anda mungkin dapat langsung mulai menggambar. Tetapi kebanyakan orang membutuhkan garis untuk melukis kuas mereka. Buat sketsa bentuk utama langsung ke kanvas menggunakan pensil biasa. Jangan khawatir tentang terlalu banyak detail atau bayangan.
  • Campur warna. Kesalahan yang dilakukan banyak orang adalah mencampur cat setelah melukis, bukan sebelumnya. Luangkan waktu Anda untuk melukis secara efisien dan campur semua warna untuk mendapatkan semua warna yang Anda inginkan sebelum Anda mulai melukis.

3. Melukis

  • Tentukan sumber cahaya. Warna dapat berubah dengan cahaya, jadi tentukan lokasi sumber cahaya utama Anda sebelum Anda mulai melukis subjek Anda. Ingatlah hal ini saat melukis. Warna yang lebih terang harus digunakan untuk objek yang lebih dekat dengan sumber cahaya, dan warna yang lebih gelap harus digunakan untuk objek yang lebih jauh dari sumber cahaya. Teknik ini mungkin terlalu mudah, tetapi jika Anda memutuskan sumber cahaya sebelum mulai melukis, skema warna lukisan Anda akan berjalan sesuai rencana.
  • Perhatikan struktur topik. Bahkan jika Anda hanya melukis objek, Anda tetap membutuhkan permukaan atau latar belakang. Perhatikan subjek Anda dan tentukan mana yang paling dekat dengan Anda dan mana yang lebih jauh dari Anda. Perhatikan tumpang tindih, perubahan warna, dan tekstur. Kami akan mereproduksi semuanya dalam lukisan, jadi pastikan semuanya tertutup sebelum melukis.
  • Mulai melukis latar belakang. Saat melukis, buat lapisan sampai ke depan. Karena itu, cara termudah adalah melukis dari belakang. Paling mudah untuk memulai dengan warna sedang, lalu yang paling gelap, lalu yang paling terang.
  • Tambahkan detail latar belakang. Selesai mengecat warna dasar dan menambahkan warna detail untuk latar belakang. Jika warnanya solid, Anda perlu menambahkan bayangan dan titik cahaya. Jika latar belakang Anda berpola atau penuh detail, sapuan kuas menambahkan tekstur dan gerakan untuk melengkapi lapisan.
  • Cat objek. Setelah Anda mulai menggambar subjek Anda, bagilah menjadi bentuk yang berbeda dan kemudian isi. Objek muncul saat Anda melukis bentuk dan warna. Agar tidak merasa bahwa proses pengecatan sulit, kami akan dengan hati-hati menyelesaikan setiap bagian kecil.
  • Tambahkan detail menggunakan teknik melukis yang berbeda. Setelah Anda memiliki warna dan bentuk dasar, Anda dapat menambahkan detail menggunakan beberapa teknik melukis yang berbeda. Tambahkan tekstur dan gerakan dengan sapuan kuas dan warna berbeda untuk fokus.
  • Melengkapi gambar. Perhatikan permukaan subjek dan tambahkan sentuhan akhir yang Anda rasa perlu untuk menyelesaikan lukisan. Seringkali ini adalah sapuan terang dan gelap terakhir, garis besar yang ingin Anda sertakan, sapuan cat terakhir.

4. Penyelesaian

  • Tambahkan pernis ke lukisan. Meski tidak wajib, banyak pelukis yang mengaplikasikan pernis untuk menutupi cat akrilik. Ini secara kimiawi mengikat cat ke kanvas dan melindunginya dari kerusakan.
  • Bersihkan kuas dan area yang ingin Anda cat. Setelah Anda selesai melukis, Anda perlu membersihkan cat. Cat akrilik dapat merusak dan menghancurkan bulu kuas jika mengering di dalam kuas.Cuci kuas dengan air dingin dan sabun sampai airnya jernih (air panas/panas akan menyembuhkan cat pada kuas). Bersihkan noda cat pada permukaan yang dicat dan bilas kaca dengan air.
  • Simpan cat yang tidak terpakai. Cat akrilik akan bertahan selama berbulan-bulan dalam wadah kedap udara. Jika Anda memiliki cat tambahan, simpan untuk pengecatan berikutnya. Tempatkan cat dalam wadah kecil dengan penutup atau pada palet dan penutup pelembab.
  • Biarkan lukisan mengering. Tempatkan lukisan di tempat yang kering selama 1-2 hari. Cat akrilik cepat kering, tetapi biarkan mengering di area bebas gangguan.
  • Pamerkan karya seni Anda. Seni dimaksudkan untuk dibagikan, jadi tunjukkan lukisan akrilik Anda yang baru selesai dikerjakan agar orang lain dapat melihat karya Anda. Bingkai atau gantung di dinding.

Kesimpulan

Painter, Paint, Artist, Brush, Tool

Jika Anda baru dalam melukis, atau hanya ingin mencoba sesuatu yang baru, akrilik adalah pilihan yang bagus. Mereka serbaguna, pemaaf, dan mudah digunakan. Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan semua yang perlu Anda ketahui untuk memulai dengan akrilik.

Kami akan membahas dasar-dasar memilih dan menggunakan kuas, mencampur warna, menerapkan cat ke kanvas, dan banyak lagi. Pada akhirnya, Anda akan memiliki semua keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat karya seni yang indah.

Jadi, Anda telah berhasil melalui panduan lengkap kami tentang cara melukis dengan akrilik! Kami harap Anda sekarang merasa percaya diri dan bersemangat untuk mulai bereksperimen dengan media serbaguna ini. Ingatlah untuk bersenang-senang, dan jangan takut untuk membuat kesalahan – itulah cara kami belajar dan tumbuh sebagai seniman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *